Minggu, 03 Juli 2016

PENYUSUNAN LAPORAN

Laporan adalah keterangan atau informasi tentang suatu keadaan atau kegiatan berdasarkan fakta. Laporan juga merupakan bentuk komunikasi yang dapat dilakukan secara tertulis atau lisan mengenai sesuatu hal tertentu sesuai dengan tujuan penulisannya. Uraian berikut akan lebih ditekankan pada pembahasan hal-hal yang berkaitan dengan laporan tertulis. Laporan inilah yang secara resmi dijadikan sebagai sumber informasi, alat pertanggungjawaban, dan alat pengambilan keputusan dalam kehidupan organisasi.
Dari segi bentuk tertulis, laporan terbagi menjadi seperti berikut
      1.      Laporan berbentuk formulir atau matriks, yaitu laporan yang tinggal mengisi pada blangko yang disediakan.
      2.       Laporan berbentuk memorandum atau nota, yaitu laporan yang diuraikan secara singkat. Laporan ini dibuat dalam rangka proses hubungan kerja antara atasan dan bawahan atau antar-unsur-unsur dalam suatu instansi.
      3.       Laporan berbentuk surat, yaitu laporan yang diuraikan lebih panjang dari memorandum sebagaimana uraian dalam bentuk surat biasa. Jenis laporan ini dapat dipergunakan untuk bermacam-macam topik.
      4.      Laporan berbentuk naskah, yaitu laporan yang panjang, biasanya disusun seperti makalah. Materi laporan dibagi menjadi beberapa topik dan subtopik.
      5.      Laporan berbentuk buku, yaitu laporan yang disusun dalam bentuk buku.

Struktur Laporan
Ø  Unsur-unsur struktur laporan yang umum berlaku dalam penyusunan laporan, antara lain.
Format laporan
             Format laporan pada umumnya memiliki unsur-unsur yang terbagi atas :
  1.       Halaman sampul (cover) memuat judul laporan, yaitu diletakkan ditengah halaman dengan bentuk dan ukuran huruf yang proporsiona
  2.       Logo, lambang badan lembaga atau institusi, yaitu diletakkan di tengah asal judul dengan ukuran sesuai ketentuan.
  3.       Nama ketua atau anggota tim pembuat laporan dan ditulis lengkap dengan atau tanpa gelar kesarjanaan
  4.        Nama badan, lembaga atau institusi.
  5.             Tahun penulisan laporan.

Halaman judul
Berisi hal-hal yang sama seperti halaman sampul (cover).

Halaman pengesahan
Antara lain memuat : Judul lapor, identitas laporan lengkap dengan daftar nama ketua dan anggota tim pembuat laporan dan tanggal pengesahan laporan yang ditandai oleh tanda tangan ketua tim pembuat laporan serta tanda tangan pimpinan badan, lembaga atau institusi.

Prakata
Memuat penjelasan singkat latar belakang dan tujuan kegiatan yang dilaporkan. Selain itu, juga dicantumkan ucapan terimakasih kepada pihak (perorangan dan lembaga) tertentu yang membantu proses kegiatan sejak persiapan hingga penulisan laporan. Dalam prakata sedapat mungkin dihindari hal-hal yang bersifat ilmiah.

Daftar isi
Memuat gambaran secara menyeluruh tentang isi laporan yang dapat menuntun pembaca apabila ingin melihat langsung bagian tertentu. Daftar isi memuat urutan judul, subjudul, dan subjudul-subjudul yang lebih kecil beserta nomor halaman.

Daftar tabel
Memuat urutan judul tabel serta nomor halaman.

Daftar gambar
Memuat urutan judul gambar dan nomor halaman.

Daftar lampiran
Memuat urutan judul lampiran dan nomor halaman.

Abstrak atau intisari
Ditulis bahasa Indonesia.Tulisan ini merupakan pembukaan laporan, yang umumnya tidak lebih dari lima ratus kata, spasi rapat
Berisi : tujuan utama dan lingkup kegiatani, penjelasan singkat metode yang digunakan, ringkasan faktual hasil pelaksanaan kegiatan, dan simpulan utama.

Isi
      a)      Bab Pendahuluan
      Pendahuluan memuat deskripsi latar belakang: alasan-alasan mengapa kegiatan yang dilakukan           penting dan menarik. Selain itu, diicantumkan rumusan tujuan kegiatan. Hal utama yang perlu             dihindari dalam penyusunan pendahuluan adalah kecenderungan penulis laporan untuk membuat         pendahuluan menjadi suatu ulasan (review) yang sangat panjang yang terlalu banyak mengulas           bahan pustaka.
1.      Tujuan dan manfaat kegiatan, tujuan penelitian dirumuskan berdasarkan masalah-masalah yang ada sehngga rumusannya berkorelasi dengan rumusan masalah. Rumusan tujuan kegiatan dinyatakan secara eksplisit dalam formulasi kalimat yang operasional. Artinya, pemecahannya harus didasarkan pada parameter yang jelas, serta dapat dikerjakan dengan metode, teori, dan teknik tertentu.
2.      Ruang lingkup kegiatan, subbab ruang lingkup memuat paparan tentang subjek dan objek kegiatan Juga memuat paparan aspek/segi/unsur kegiatan yang akan dilakukan, serta relevansinya dengan tujuan kegiatan.
3.      Metode dan langkah kerja kegiatan Subbab ini merupakan bagian penting sebuah kegiatan. Dalam subbab ini diuraikan metode yang dipilih sesuai dengan tujuan kegiatan. Adapun langkah kerja kegiatan yang umum dilakukan didasarkan pada tahap-tahap umum sebuah kegiatan, yaitu tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan penyajian laporan hasil kegiatan.
4.      Sistematika penulisan laporan Subbab sistematika penulisan laporan memuat urutan penyajian laporan proses dan hasil kegiatan secara ringkas dan sistematik. Diawali dengan bab 1 pendahuluan berikut subbab-subbabnya, kemudian bab 2 proses pelaksanaan kegiatan berikut subbab-subbabnya, dan begitu seterusnya hingga bab akhir berupa penutup, daftar pustaka, dan lampiran.
     b)    Bab pembahasan atau pelaksanaan kegiatan
     Bab pembahasan/pelaksanaan kegiatan memuat seluruh proses pelaksanaan kegiatan, berupa              uraian penerapan metode dan teknik pelaksanaan kegiatan sesuai dengan sasaran kegiatan.                  Caranya dengan memisahkan pembahasan/pelaksanaan kegiatan dalam beberapa bab terpisah              sesuai dengan ruang lingkup kegiatan atau sasaran kegiatan
     c)    Bab Penutup
     Bab ini terdiri dari subbab simpulan dan subbab saran yang dipaparkan secara terpisah. Simpulan        merupakan pernyataan singkat dan tepat penjabaran proses dan hasil pembahasan/pelaksanaan            kegiatan untuk menunjukkan pencapaian tujuan kegiatan. Penulisan simpulan disusun secara              runtut sesuai urutan tahapan kegiatan. Dalam hal ini, simpulan yang merupakan jawaban terhadap      masalah utama kegiatan hendaknya dipaparkan terlebih dahulu, baru kemudian secara berurutan          dipaparkan simpulan-suimpulan lain sesuai derajat keutamaannya.

Saran
Disusun berdasarkan pertimbangan dan pengalaman penulis dan ditujukan kepada pihak lain, terutama penerima laporan, agar mendapat tanggapan lebih lanjut.

Daftar pustaka
Di bagian ini dicantumkan semua pustaka yang dirujuk sebagai referensi kegiatan. Tata cara penulisan daftar pustaka dimulai dengan nama pengarang yang disusun ke bawah menurut abjad. Dalam urutan ke bawah tidak ada perbedaan antara buku dan majalah/jurnal/bulletin, perbedaannya terletak pada penulisan huruf dan tanda bacanya. Hasil wawancara dapat digunakan sebagai daftar pustaka apabila telah ditranskripsikan dalam bentuk tulisan yang diberi judul. Adapun daftar pustaka yang bersumber dari internet cara penulisannya diatur secara khusus dalam tata tulis tersendiri.
Pada umumnya urutan cara penulisan daftar pustaka :
nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, jilid, kota tempat penerbitan, dan nama penerbit. Judul buku menggunakan huruf miring (Italic), tanpa diapit tanda kutip. Majalah atau koran : nama pengarang, tahun penerbitan, judul tulisan, nama majalah, hari/minggu, tanggal, tahun terbit, nomor halaman, dan nomor kolom. Judul tulisan atau artikel ditulis dalam tanda kutip, nama majalah/koran ditulis dengan menggunakna huruf miring. Makalah : nama pengarang, tahun penulisan, judul makalah, nama kegiatan (seminar, diskusi, lokakarya, dan lain-lain), tanggal pelaksanaan kegiatan, institusi pelaksana kegiatan. Judul makalah ditulis dalam tanda kutip.

Lampiran
Lampiran memuat materi yang bukan merupakan faktor utama dalam mengartikan hasil pelaksanaan kegiatan, sifatnya hanya melengkapi bagian utama laporan kegiatan. Lampiran harus tersedia apabila diperlukan pemeriksaan kembali terhadap analisis pelaksanaan kegiatan. Lampiran tidak perlu mencantumkan semua data bahan/materi/data yang terkumpul selama pelaksanaan kegiatan.

Cukup sekian terimakasiih, semoga bermanfaat JJJ




Sumber
https://paknewulan.wordpress.com

www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar